SEJARAH

Asaputex Jaya didirikan tahun 1986 oleh Bapak Jamaludin AlKatiri yang bergerak dalam bidang usaha perdagangan sarung tenun ber-merk Pohon Korma dengan berbagai jenis kerapatan benang yang memiliki kualitas eksport yang semuanya telah terdaftar di Direktorat Jendral Hak Kekayaan Intelektual. Langkah pertama untuk memajukan perusahaan adalah diadakannya pameran sarung tenun didalam maupun diluar negeri bertujuan untuk memperkenalkan kepada kalayak ramai.

PT. Asaputex Jaya menempati kantor di Jalan Gajahmada No. 74-76 Tegal, memiliki karyawan 1.200 orang dan bermitra dengan 108 penenun yang tersebar di Tegal, Pemalang, Pekalongan & Bandung, menyerap total tenaga kerja sampai 16.000 orang pengrajin.

PENCAPAIAN

Penghargaan yang telah diraih PT. Asaputex Jaya diantaranya adalah Trophy Upakarti tahun 1991 sebagai Industri terbaik Nasional, Trophy Primaniyarta tahun 2006 sebagai Exportir Terbaik Nasional, dan Sertifikasi ISO 9001 tahun 2017 sebagai produsen yang memenuhi syarat terjaminnya mutu baik produk maupun jasa.

PASAR

Pohon Korma adalah merk sarung yang diproduksi PT. Asaputex Jaya, sebuah perusahaan textile di Indonesia. Dengan berbagai inovasi yang dikembangkan dalam proses pembuatannya sehingga menghasilkan produk sarung yang memiliki kualitas ekspor yang unggul.

Tidak hanya di Indonesia, sarung Pohon Korma sudah merambah ke luar negeri, diantaranya Asean, Afrika, Timur Tengah. Sedangkan di Indonesia,  jangkauannya meliputi Sumatera, Jawa sampai NTB.

PRODUK

Pohon Korma mempunyai produk yang beragam, sarung produksi massal dengan proses menggunakan mesin modern dan sarung tenun yang menggunakan mesin ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin), sehingga menghasilkan produk yang detail dengan mutu yang terjamin kualitas eksport  karena dikerjakan satu persatu.

Asaputex menggunakan proses produksi terpadu dari pabrik pemintalan sampai penenunan, menggunakan bahan benang terbaik dari bahan baku terbaik dengan proses yang dilakukan secara detail dan teliti standard ISO 9001 2017 Certificate ID 09/1410, sehingga menghasilkan kain yang berkualitas tinggi dengan slogan “Sarung sejuta corak”.

Ada 15 sub brand sarung Pohon Korma, yaitu Pohon Korma Classic, Pohon Korma Gold dan Gold Balian, Pohon Korma Platinum Songket Timbul, Pohon Korma Platinum Timbul Balian, Pohon Korma Item, Pohon Korma Elegant, Pohon Korma Masterpiece, Pohon Korma Songket Kembang, Pohon Korma Timbul Kembang Limited Edition, Pohon Korma ATBM, Botol Asli Super ATBM, Pohon Korma Yunior dan Yunior Balian.

PROMOSI

Dalam mempromosikan produknya, tentu pemilik usaha harus tahu dulu akan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam sebuah bisnis. Sarung Pohon Korma melakukan pengecekan berkala serta pendekatan kepada konsumen dan pedagang, juga tetap menjaga kepercayaan agar tetap terjalin komunikasi yang baik serta tercapainya suatu misi.

NILAI-NILAI MEREK

Untuk mencapai kepuasan konsumen, sarung Pohon Korma selalu berusaha menghasilkan produk-produk yang berkualitas dan tetap mempertahankan kemurnian proses tenun tradisional, dan selalu menciptakan corak-corak yang fashionable sesuai dengan slogannya “ Sarung Fesyen” atau “ Sarung Sejuta Corak”.